Categories: Japanese Words

Words of ReplyMemberikan Jawaban dalam Bahasa Jepang

By Arief

Di Jepang ketika nama kita dipanggil, jawaban yang penting tentunya adalah ” Hai! ” artinya Ya!. Hal ini tidak pernah ketinggalan dalam komunikasi selama orang Jepang hidup bermasyarakat. Semuanya dimulai dengan langkah pertama, yaitu jawaban ” Hai! “.

Memang ada juga jawaban singkat yaitu ” Un! “, tetapi jawaban seperti ini hanya dapat dipergunakan  di antara sesama teman atau kepada anak-anak. Untuk  orang sudah dewasa dan bekerja di masyarakat tentunya lebih pantas kalau memberikan jawaban dengan ” Hai! “. Jadi prinsip dasarnya, ketika menerima instruksi dari atasan, maka jawabannya bukanlah ” Un ”  melainkan ” Hai! “.

Di Jepang, tahun pertama dimulainya pendidikan wajib, yaitu di kelas 1 SD, terdapat pendidikan bahwa ketika namanya dipanggil, maka harus dijawab dengan ” Hai! “. Namun sayangnya akhir-akhir ini entah mengapa, ada banyak kaum muda yang tidak suka menjawab.

Menurut pandangan orang Jepang jawaban ” Hai! ” dapat membuka pintu hati, tambahan lagi, hanya dengan sepatah kata ” Hai! ” ini orang dapat menilai umur dan kondisi kejiwaan seseorang, sehingga dianjurkan agar jawaban ini selalu dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<