Categories: Japanese Words

Words of ApologyMinta Maaf Dalam Bahasa Jepang

By: Arief

Orang Jepang mempunyai kebiasaan gampang mengucapkan kata maaf, misalnya ; Sumimasen atau Gomen nasai. Ada kalanya mereka menganggap tidak ada gunanya mengemukakan berbagai alasan, melainkan hanya mengucapkan :
O-yurushi kudasai = maafkan saya, Go meiwaku wo o-kake shimashita = maaf telah merepotkan, Moushiwake arimasen = mohon maaf yang sebesar-besarnya, kalimat permintaan maaf tersebut dikatakan berulang-ulang, yang terasa janggal bagi orang asing.

Setiap manusia tentunya pernah berbuat kesalahan, jadi timbal balik dan menjadi saling memaafkan, apalagi kepada orang yang menyadari kesalahannya dan telah minta maaf. Budaya Jepang yang menghargai keharmonisan hubungan antar manusia ini terlihat dalam berbagai kalimat ungkapan pernyataan maaf-nya.

Sebaliknya, ada juga orang yang walaupun menyadari kesalahannya tetapi tidak mau mengakui dan meminta maaf di depan orang lain. Mungkin di dalam hatinya ada perasaan menyesal, hanya saja, ia merasa malu untuk menunjukkan sikap minta maaf, atau merasa enggan untuk merendahkan diri. Meskipun tidak meminta maaf, terhadap orang-orang seperti ini pun, orang Jepang cenderung mempunyai rasa toleransi untuk memaafkan.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<