Categories: Tentang Jepang

Daerah Tohoku

By : Arief

Daerah Tohoku (timur laut) pulau Honshu terdiri dari 6 prefektur yaitu ; Aomori, Iwate, Akita, Miyagi, Yamagata, dan Fukushima, meliputi 30 % dari total keseluruhan luas Jepang. Sekitar abad ke-7, bagian yang menghadap Pasifik dulunya merupakan negeri bernama “Mutsunokuni”, sedangkan bagian yang menghadap Laut Jepang merupakan negeri bernama “Dewanokuni”.

Dari ke-2 nama ini masing-masing diambil sebuah huruf kanji-nya dan digabungkan sehingga menjadi sebutan Ou chiho (daerah Ou). Akhir-akhir ini, banyak yang menyebutnya dengan membagi menjadi 2 daerah, yaitu Minami Tohoku  (Tohoku Selatan) meliputi Miyagi, Yamagata, Fukushima yang lebih dekat ke Tokyo dan lebih banyak mempunyai ikatan dalam hal ekonomi, yang satu lagi disebut Kita Tohoku (Tohoku Utara) meliputi Aomori, Iwate, Akita.

Daya tarik utama di Tohoku Utara adalah pemandangan alam yang masih alami. Misalnya daerah pegunungan Shirakami dengan aset internasional-nya yaitu hutan perawan pohon Buna yang luas, pegunungan Hakkoda yang terbentuk dari letusan gunung berapi, Danau Towada, Taman Nasional Hachimantai, selain itu juga banyak sumber air panas yang belum dikenal. Ada pula daerah yang favorit untuk dikunjungi, yaitu Hiraiizumi yang banyak mempunyai wihara Budha abad ke 11-12 serta reruntuhan situs, dan telah didaftarkan untuk menjadi aset internasional pada tahun 2011.

Tohoku Selatan juga mempunyai tempat wisata populer yang mudah dikunjungi mengingat tempatnya yang lebih dekat dengan Tokyo. Matsushima, Zao, Gunung Bandai terkenal dengan panoramanya yang indah permai, dengan sarana yang maju sebagai tempat wisata, dan mempunyai nuansa yang berbeda dengan Tohoku Utara. Di sisi lain, oleh karena sejak dulu terdapat badan perwakilan dari pemerintah pusat, ini memberikan pengaruh dimana banyak terdapat bangunan wihara Yamadera dan wihara Zuiganji yang dibangun dengan teknik terbaru dari esensi budaya agama Budha.

Di daerah Tohoku yang menghadap ke Lautan Pasifik, terdapat Pantai Sanriku dengan total panjangnya hampir 600 km yaitu dari Prefektur Aomori sampai ke Prefektur Miyagi, melalui Pref. Iwate. Di sepanjang pesisir pantai itu banyak terdapat panorama indah, selain itu lautnya terkenal sebagai tempat penangkapan ikan terkemuka yang berlimpah hasil laut.

Saat ini, sedang diselenggarakan Pameran Wisata ke Tohoku, yang bertujuan untuk menarik wisatawan ke Tohoku dalam rangka pemulihan selangkah demi selangkah Tohoku sejak terjadi gempa bumi Jepang Timur tahun lalu. Terdapat 28 zona wisata yang dapat dilihat dan dikunjungi di seluruh Tohoku ini, selain itu juga ada ; berbagai pusat informasi dari penduduk setempat, diterbitkan Paspor Tohoku agar bisa berwisata dengan hemat.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<