Categories: Japanese Words

The Year End Akhir Tahun Awal Tahun Dalam Bahasa Jepang

By: Arief

Pada akhir tahun, pada saat kita merasa bahwa kita tidak akan bertemu lagi sampai tahun depan, pada saat berpisah orang Jepang biasa mengucapkan  Yoi o toshi wo omukae kudasai Artinya sambutlah tahun baru, dan buatlah agar menjadi tahun yang baik.

Ketika hari terakhir pekerjaan dalam setahun, kalimat tadi diucapkan kepada atasan atau rekan sekerja, dengan penuh rasa terima kasih. Ketika awal tahun, ucapan salamnya adalah  Akemashite omedetto gozaimasu. Artinya selamat telah menyambut tahun yangbaru dengan sehat dan selamat. Juga akan lebih baik kalau ditambahkan  Kotoshi mo yoroshiku onegai shimasu, yang berarti tahun ini pun mohon kerja samanya.

Di Jepang terdapat kebiasaan mengirim kartu tahun baru, kartu tahun baru tersebut dikirimkan kepada orang yang jarang bisa berjumpa dan orang yang sudah lama tidak berjumpa, disertai tulisan mengenai kabar akhir-akhir ini dan ucapan salam tahun baru, serta konfirmasi akan keselamatan dan kesehatan masing-masing.

Kartu tahun baru ini akan diantar petugas pos tepat pada pagi hari tahun barunya. Menerima dan membacanya merupakan salah satu kebahagiaan di hari Tahun Baru. Ucapan Selamat Tahun Baru yang ditulis di kartu tahun baru biasanya adalah Gashou, Kingashinnen, Geishun dan sebagainya, yang berbeda dengan ucapan kalau kita bertemu secara langsung.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Tags: the year end

Top

<