Waseda Bunkakan Japanese Language Course 1

Sekolah ke Jepang Waseda Bunkakan Tokyo

Pada tahun 1980-an Jepang belum mulai merekrut siswa asing dalam skala besar seperti pada saat sekarang ini. Sekolah bahasa Waseda Bunkakan mulai membuka program sekolah ke Jepang untuk siswa asing pada bulan April 1988. Setelah berjalan selama 20 tahun, program pendidikan bahasa Jepang di Waseda Bunkakan kemudian berkembang menjadi sebuah institusi sekolah yang memiliki sekitar 500 siswa asing yang berasal dari Cina, Hong Kong, Macau dan Taiwan, serta Korea Selatan, Rusia, Jerman, Mongolia dan negara-negara lain. Media pendidikan dan perusahaan lain yang berada di bawah organisasi yang sama secara aktif mengembangkan bahan pengajaran bahasa Jepang untuk tingkat menengah (intermediate) dan mahir (advance) untuk memberikan pemahaman bahasa yang lebih mendalam pada siswa jurusan bahasa Jepang di Waseda Bunkakan.

Waseda Bunkakan Japanese Language Course 2

Sekolah bahasa Waseda Bunkakan berlokasi di Asakusabashi, pusat kota Tokyo. Dari sekolah dibutuhkan waktu hanya sekitar 10 menit untuk mencapai pusat penjualan elektronik Akihabara dengan berjalan kaki dan dibutuhkan tidak lebih dari 5 menit untuk mencapai stasiun terdekat JR Asakusabashi atau stasiun kereta bawah tanah Toei Shinjuku. Sungguh tempat yang nyaman untuk tinggal, bepergian dan bekerja.

Saat ini Waseda Bunkakan memiliki satu gedung utama dan gedung pendukung. Gedung sekolah utama merupakan bangunan berlantai 7. Lantai pertama berfungsi sebagai kantor guru, ruang administrasi siswa, pusat kesehatan, biro jasa dan sebagainya. Lantai 2 sampai 4 adalah ruangan kegiatan belajar mengajar yang mencakup lebih dari 20 ruang kelas besar dan kecil. Lantai 2 dilengkapi dengan ruang baca yang menyediakan beragam buku dan materi tentang berbagai universitas di Jepang dan ruang komputer yang menyediakan layanan  internet gratis kepada siswa. Di ruang istirahat di lantai 2, berbagai minuman dijual kepada siswa dengan harga murah dan tersedia dispenser air untuk digunakan oleh siswa secara gratis. Papan pengumuman di lantai 2 memberikan berbagai informasi terbaru untuk siswa,  di sini juga siswa dapat menemukan informasi tentang  pekerjaan yang sesuai yang sebagian akan diberitahukan oleh guru.

Ruangan dari lantai 5 sampai 7 digunakan sebagai asrama untuk siswa perempuan. Para siswa di Waseda Bunkakan dapat menikmati lingkungan yang cukup aman dan dapat menghindari kemacetan lalu lintas karena siswa hanya tinggal menggunakan lift untuk sampai ke ruang kelas sehingga menghemat waktu. Meskipun siswa laki-laki tidak bisa tinggal di gedung sekolah seperti halnya siswa perempuan, Waseda Bunkakan menyediakan asrama laki-laki yang lokasinya tidak jauh dari sekolah. Dibutuhkan waktu hanya lima menit untuk tiba di asrama laki-laki yang dilengkapi dengan TV, kulkas, AC dan fasilitas lainnya. Siswa tidak perlu khawatir karena begitu tiba Jepang, para siswa diharapkan bisa memulai hidup baru dengan tenang.

Waseda Bunkakan Japanese Language Course 3

Di seberang bangunan utama berdiri bangunan pendukung sekolah yang memiliki desain ruang kelas yang terang dan luas. Memberikan kemampuan kepada setiap siswa untuk dapat diterima di sekolah yang diinginkannya melalui pembelajaran bahasa Jepang yang menyenangkan. Para siswa di sekolah ini dapat belajar budaya dan bahasa Jepang melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti mengunjungi museum atau galeri seni, menonton Kabuki dan sebagainya. Sehingga, siswa dapat belajar dan menguasai bahasa Jepang secara menyenangkan. Para guru di sekolah juga akan membantu siswa supaya berhasil melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi sesuai dengan situasi terkini dan kondisi masing-masing siswa sehingga setiap siswa dapat diterima di sekolah yang diharapkannya.

Tentu saja, untuk masuk ke sekolah yang ideal, tidaklah cukup hanya dengan mahir berbahasa Jepang. Oleh karenanya, sekolah juga membuka kursus gratis bagi para siswa yang meliputi pembelajaran bahasa Inggris, matematika, fisika, kimia dan seni. Sementara itu, untuk para siswa yang bertujuan melanjutkan pendidikannya di universitas atau perguruan tinggi, sekolah telah menyediakan kelas khusus yang terpisah yang memberikan persiapan untuk masuk universitas. Di kelas ini, selain diajarkan bahasa Jepang para siswa juga dilatih cara menulis jurnal atau laporan sampai penyusunan rencana penelitian, serta wawancara. Berbagai kursus pendukung telah diatur sekolah. Di Waseda Bunkakan siswa benar-benar dapat mewujudkan impiannya.

Waseda Bunkakan Japanese Language Course 4

Untuk semua fasilitas di atas siswa hanya perlu membayar biaya kuliah per tahun sebesar ¥ 630.000 . Jumlah tersebut termasuk murah bagi biaya administrasi di sekolah-sekolah Jepang. Bahkan ketika siswa telah mendapatkan visa 1 tahun, setiap semester siswa dapat menerima tunjangan uang sekolah. Di awal siswa hanya perlu membayar sekitar ¥ 30.000 dan kemudian siswa dapat langsung mulai kehidupannya sebagai pelajar asing. Biaya kuliah yang dapat dibayar tiap semester bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolahnya di universitas di Jepang secepat mungkin. Saat ini banyak universitas dan perguruan tinggi di Jepang yang membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru pada bulan April dan Oktober, jadi kesempatan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi lebih terbuka. Dengan adanya proses pembayaran tiap semester, siswa yang ingin segera melanjutkan sekolahnya di universitas tidak perlu mengkhawatirkan biaya sekolah setelah mereka lulus.

Waseda Bunkakan juga memberikan berbagai beasiswa bagi mereka yang mau bekerja keras. Selain beasiswa dari Departemen Pendidikan sejumlah ¥ 48.000 per bulan, disediakan juga beasiswa sebesar ¥ 200.000 dan ¥ 50.000 bagi para siswa yang tekun dan giat belajar. Selain memberikan kesempatan kepada siswa asing dari berbagai negara untuk mewujudkan mimpi mereka melalui pembelajaran di Departemen Bahasa Jepang, Waseda Bunkakan juga membuka Departemen bahasa asing, lebih dari 400 siswa Jepang belajar bahasa Korea dan Cina di sini. Para siswa Jepang sangat antusias untuk dapat berkomunikasi dengan para siswa asing. Sekolah Waseda Bunkakan secara rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan (events) yang diperuntukan bagi para siswa seperti diselenggarakannya tradisi Festival Musim Semi Cina. “Make Your Dreams Come True at Waseda Bunkakan”.

Informasi Pendaftaran 

Email: info@indojapanese.com

Telp: 085794952877

BBM: 535562BD

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<