Categories: Japanese Words

Pujian Dalam Bahasa Jepang

Pujian Dalam Bahasa Jepang

By: Arief

Hanya manusia yang mempunyai peradaban memuji orang lain. Bahasa pujian ini, juga berkaitan dengan arti “mengakui”, sehingga dapat dikatakan sebagai asal mula bagi hubungan antar manusia. Dalam bahasa Jepang, ada perkataan ii , di samping mempunyai arti berupa pujian, juga dapat mengandung nuansa “mengakui”.

Perkataan ini sederhana, dan dapat di pakai dalam berbagai kesempatan, bagaimana kalau Anda juga menggunakannya sebanyak mungkin ? Misalnya : Anata wa shisei ga ii = Sikap Anda baik sekali atau Ii iken desu ne = Pendapat yang baik.

Kata pujian ini masih banyak lagi ragamnya seperti: Subarashii desu ne = wah, hebat sekali,   Sasuga desu ne = memang dasarnya hebat,  Migoto desu ne = pekerjaan yang baik, dan sebagainya. Dalam mendidik anak maupun karyawan, konon lebih baik dididik dengan pujian, tetapi orang Jepang kelihatannya agak risih dalam memuji.

Manusia ketika dipuji, wajahnya akan berseri-seri. Dengan dipuji, kita akan mendapatkan kepercayaan diri dan membangkitkan semangat. Dengan memuji balik anata mo suteki yo = kamu juga keren lho, orang yang memuji kita juga akan menjadi berbahagia. Saling memberi pujian, mungkin merupakan suatu sumber pengetahuan bagi manusia untuk berkembang.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<