Categories: Bahasa Jepang

nihongo

Istilah Nihongo dan Kokugo

By Arief

Istilah bahasa Jepang di dalam bahasa Jepang disebut Nihongo, tetapi ada juga yang menyebutnya Kokugo. Walaupun bahasa yang dimaksud sama namun diantara kedua istilah Nihongo dan Kokugo ini terdapat perbedaan.

Kokugo adalah bahasa yang dijadikan bahasa yang umum di suatu negara, bahasa resmi negara tersebut, bahasa nasional, Sedangkan Nihongo adalah bahasa bangsa Jepang, bahasa nasional negara Jepang.

Dengan melihat pengertian diatas jelas sekali bahwa Kokugo adalah bahasa resmi warga negara Jepang yang lahir dan hidup di suatu negara yang sama. Istilah Kokugo sering dipakai oleh orang Jepang untuk menyatakan bahasanya sendiri sebagai bahasa ibu. Istilah ini tidak hanya berarti bahasa nasional, namun sering digunakan sebagai artian yang sama dengan Nihongo.

Berbeda dengan istilah Kokugo, istilah Nihongo dapat diartikan sebagai bahasa yang dipakai oleh bangsa Jepang yang membedakan bahasa Jepang dengan bahasa-bahasa asing lainnya di dunia. Dengan kata lain Nihongo adalah bahasa Jepang yang dipakai sebagai bahasa asing atau sebagai bahasa kedua. Walaupun yang dimaksud Kokugo dan Nihongo adalah bahasa yang sama namun terdapat perbedaan dalam pemakaian kedua istilah tersebut.

Sebagai contoh misalnya istilah yang dipakai dalam bidang pendidikan bahasa Jepang semuanya memakai istilah Nihongo bukan Kokugo. Untuk nama program atau jurusan bahasa Jepang di perguruan tinggi antara lain Nihongo Gakka, Nihongo Puroguramu, Nihongo Kyooiku Gakka, atau Nihongo Kyooiku Puroguramu. Begitu juga nama-nama kursus bahasa Jepang, semuanya memakai istilah Nihongo seperti Nihongo Bunka Gakuin, Nihongo Nihon Bunka Sentaa, Nihongo Gakkoo, Nihongo Koosu.

Hal ini dapat dipahami mengingat bidang yang diajarkan adalah bahasa Jepang sebagai bahasa asing dan siswa atau mahasisiwa yang ada di dalamnya adalah para pelajar yang sedang mempelajari bahasa Jepang sebagai bahasa asing. Sekarang ini orang Jepang pada umunya memakai istilah Kokugo kepada lawan bicara orang Jepang, sedangkan kepada lawan bicara orang asing memakai istilah Nihongo.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Tags: kokugo nihongo

Top

<