Categories: Tentang Jepang

Month of HarmonyBulan Mempererat Ikatan

By Arief

Bulan Januari di sebut juga dengan nama Mutsuki, yang dalam asal-usul kata artinya  Mutsubi-tsuki (bulan mempererat ikatan) di mana seluruh anggota keluarga berkumpul dan berpesta menyambut tahun baru untuk mempererat ikatan persaudaraan. Mutsubi berasal dari kata mutsumu yang artinya menjalin hubungan baik melalui perayaan khusus Tahun Baru, makan masakan khas Tahun Baru dan menyambut tahun yang baru dengan meriah.

Perayaan khusus Tahun Baru, misalnya Hatsumoude (ziarah pertama). Ini adalah acara kunjungan pertama di tahun yang baru, ke Kuil  Shinto atau ke Wihara Budha untuk berdoa memohon keselamatan dan kedamaian dalam setahun ini. Dalam ziarah tersebut, biasanya orang-orang membeli azimat, dan penolak bala Hamaya, menuliskan permohonan atau cita-cita di sepotong kayu yang disebut Ema, membaca kertas ramalan, dan memohon agar diberkati selama setahun ini.

Sedangkan yang dimaksud dengan masakan Tahun Baru adalah Osechi Ryouri. Kata ini tadinya berasal dari kata sekku = sechi yang artinya perayaan pada pergantian musim, dan makanan yang dipersembahkan kepada Dewa disebut osechi ryouri. Oleh karena Tahun Baru merupakan perayaan pergantian musim yang utama, maka masakan untuk Tahun Baru juga disebut Osechi Ryouri. Masakan ini banyak berisi hasil laut dan gunung, yangmempunyai makna permohonan akan panen yang berlimpah, keamanan dan kesehatan keluarga, kemakmuran anak, cucu dan keturunan.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<