Categories: Tentang Jepang

Mid Summer DaysHari Puncak Musim Panas

By Arief

Di Jepang, ketika temperatur tertinggi hari itu mencapai 25℃ lebih, maka hari itu disebut natsubi (hari musim panas), temperatur tertinggi hari itu 30℃ lebih, disebut manatsubi (hari puncak musim panas), dan ketika tempteratur tertinggi mencapai 35℃ lebih, hari itu disebut moshobi  (hari yang amat sangat panas). Juga, tengah malam ketika temperatur terendah tidak juga turun yaitu sekitar 25℃ lebih, malam itu disebut nettaiya  (malam tropis).

Sebaliknya, di musim dingin, ketika temperatur terendah pada suatu hari adalah sekitar 0℃, maka hari itu disebut fuyubi  (hari musim dingin), dan bila temperaturnya tertingginya 0℃, maka hari itu disebut sebagai mafuyubi  (hari puncak musim dingin), atau shimobi (hari di mana embun pun membeku).

Sepanjang sejarah pendataan di Jepang, temperatur tertinggi adalah pada tgl 16 Agustus 2007 di kota Kumagaya, Pref. Saitama, dan di kota Tajimi di Pref. Gifu, yaitu mencapai 40,9℃. Sementara temperatur terendah yang ada dalam pendataan adalah pada tgl 25 Januari 1902 di kota Asahikawa, yaitu -41℃. Perbedaan temperatur tertinggi dan terendah adalah 81,9℃.

Musim panas tahun lalu benar-benar panas sekali, rata-rata temperaturnya (Juni – Agustus 2010) menduduki rekor teratas dalam 113 tahun, yaitu sejak tahun 1898. Temperatur itu lebih tinggi 1,64℃ dibandingkan temperatur rata-rata tahunan (temperatur rata-rata selama 30 tahun dari 1971 ~ 2000), terutama pada bulan Agustus lebih tinggi 2,25℃.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<