Categories: Tentang Jepang

Kota Tokyo

Kota Tokyo Jepang 

By Arief

Kota Tokyo yang merupakan ibukota Jepang, merupakan pusat ekonomi Jepang, disamping sebagai pusat pemerintahan, perundang-undangan, dan peradilan. Di antara semua prefektur dan daerah istimewa yang ada di Jepang, populasinya merupakan yang terbanyak, yaitu 13 juta jiwa, ini juga merupakan tempat lahirnya budaya serta informasi dan berbagai trend lainnya. Kota Tokyo mulai diperlakukan sebagai ibukota dalam sejarah mulai abad ke 17, ketika Tokugawa Ieyasu membuat Keshogunan Edo. Orang-orang bisa mengunjungi berbagai tempat di ibukota ini, misalnya Istana Kaisar (dulu dikenal sebagai Kastil Edo), Gedung Parlemen, Gedung Mahkamah Agung, Gedung Konstitusi, Perpustakaan Nasional, kantor Surat Kabar, stasiun TV, Bursa Saham Tokyo.

Selain itu juga ada banyak tempat yang bisa dikunjungi berbagai galeri lukisan, museum, theater, dan berbagai taman, yang paling lengkap termasuk juga yang ada kebun binatangnya, adalah yang di Ueno. Lalu di dekatnya ada Yanaka atau Hongo, yang merupakan kota lama, Universitas Tokyo yang dulunya merupakan rumah para pejabat, berbagai tempat yang berhubungan dengan para sastrawan seperti Natsume Soseki dsb. Bila kita ingin mengunjungi kota lama seperti Asakusa dan Kanda, datanglah pada bulan Mei di mana ada banyak yang dapat dilihat seperti Sanja Matsuri di Asakusa, dan Kanda Myojin Matsuri di Kanda.

Ada banyak pula kota yang mempunyai keistimewaan, seperti kawasan profesional Akihabara (elektronik), Tsukiji (pasar ikan), Kanda (buku bekas, alat olahraga), Kappabashi (alat masak), Ochanomizu (toko alat musik), atau kota yang populer di kalangan anak muda Jepang seperti Shibuya, Harajuku, Shinjuku, Daiba dll. Ada pula yang terkenal sebagai kota Harajuku-nya para nenek, yaitu Sugamo. Kita juga dapat berjalan-jalan melihat-lihat di kota yang rapi dan indah seperti di Ginza, Omote Sando, dan Aoyama.

Bila ingin melihat Tokyo secara keseluruhan, kita bisa melihat dari Menara Tokyo (Tokyo Tower) atau Sky Tree, atau ikut tour Hato Bus, atau naik kapal bus air yang menyelusuri sungai Sumida (dari Asakusa ke Hinode Sanbashi), atau naik monorel Yurikamome (Shinbashi – Odaiba).

Kawasan Tama yang berada di Tokyo bagian barat, terdiri dari dataran tinggi Musashino di dataran Kanto sampai dengan Okutama di pegunungan Kanto, di sana mengalir sungai utama Tamagawa. Di sini ada berbagai daya tarik yang membuat wisatawan datang berkunjung ke sini, misalnya pemandangan alami Gunung Mitake serta gua Nippara di Okutama, Gunung Takao yang populer di kalangan wisatawan, Wihara Jindaiji yang bersejarah, serta Museum Gibli di Mitaka no Mori bagi para penggemar anime.

Di Tokyo bagian selatan yang menghadap ke laut terdapat daerah kepulauan yaitu kepulauan Izu dan kepulauan Ogasawara. Meskipun harus  naik pesawat dan kapal laut ekspres, tetapi kita bisa menikmati pemandangan alam laut yang indah, seperti pulau Izu Ooshima yang terkenal dengan minyak bunga Kamelia, Pulau Miyake yang berasal dari letusan gunung berapi, dan Pulau Chichijima yang disebut-sebut sebagai Galapagos dari timur.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Facebook Comments

Top