Categories: Tentang Jepang

Koshin-etsuDaerah Koshin-etsu

By Arief

Nama daerah Konshin-etsu ini merupakan singkatan huruf kanji pertama dari nama sebutan zaman dulu untuk beberapa kawasan di tengah-tengah Pulau Honshu, yaitu ; Kai, Shinano, dan Echigo, yang kini menjadi provinsi (prefektur) Yamanashi, Nagano, dan Niigata.

Prefektur Yamanashi : merupakan daerah pegunungan yang khas, di sebelah selatan ada gunung Fuji, di barat ada pegunungan Akaishi (pegunungan Alpen Selatan), di utara ada gunung Yatsugatake, di timur ada pegunungan Oku Chichibu. Meskipun 4 penjuru daerahnya dikelilingi pegunungan, tetapi ada humor yang mengatakan, namanya Tidak Bergunung (Yama = gunung, Nashi = tidak ada). Gunung Fuji mempunyai banyak pemandangan yang spektakular. Misalnya; gunung Fuji terbalik, yang terpantul di permukaan air danau Motosu, yaitu salah satu dari 5 danau Fuji, lalu Oshino Hakkai, yaitu sumber air dari salju gunung Fuji yang mencair, sumber air belerang di danau Kawaguchi, bebatuan berbentuk aneh mempesona di Shosenkyo, dan sebagainya yang populer dengan pemandangan indahnya. Di samping itu, provinsi ini juga terkenal sebagai daerah penghasil buah anggur dan buah peach, lalu daerah Kiyosato misalnya, terkenal sebagai tempat pembuatan wine. Ada pula nama-nama besar yang bersejarah, misalnya Kuil Daizenji (nama lain ; kuil anggur) yang menjadi aset nasional, dan kuil Erinji yang didirikan oleh tokoh terkenal Takeda Shingen.

Prefektur Nagano : kawasan terluas no 4 di antara semua provinsi yang ada di Jepang, dan merupakan daerah yang mempunyai gunung-gunung tinggi, misalnya pegunungan Hakuba, pegunungan Yatsugatake, yang merupakan gugusan pegunungan Alpen Utara. Di sini terdapat banyak dataran tinggi yang menjadi tempat wisata alam, seperti ; Kamikochi, Norikura, Kurohime, Shiga, dan sebagainya. Masih ada lagi tempat wisata populer lainnya, seperti daerah sekitar danau Suwa yang disebut sebagai Swis-nya Jepang, Karuizawa yang terkenal sejuk dengan air terjun Shiraito-nya, Kastil Matsumoto yang menjadi aset nasional, Kuil Zenkoji yang bersejarah 1300 tahun, desa ninja di Togakushi mempunyai kampung ninja cilik di mana orang dewasa pun bisa menikmati petualangan atletik. Setiap 7 tahun sekali ada festival terkenal Suwa Onbashira Sai di mana terdapat ritual hebat meluncurkan kayu pohon yang besar dari atas gunung.

Prefektur Niigata : provinsi yang menghadap ke Laut Jepang ini mempunyai jumlah salju yang turun paling banyak di seluruh Jepang. Daerah ini merupakan penghasil beras jenis “Koshihikari” produk Uonuma, sehingga mempunyai berbagai tempat wisata yang berhubungan dengan beras. Misalnya minuman keras sake Jepang dan kerupuk senbei, sawah bertingkat di kota Joetsu dan Kashiwazaki, tempat pengeringan beras “Hasagi namiki” di kuil Manganji, Natsui, dsb. Di sini juga berlimpah hasil laut, pasar ikan di Teradomari banyak dikunjungi wisatawan yang ingin membeli kepiting. Tempat mempesona lainnya adalah ; Nagaoka yang menjadi tempat pertandingan kembang api 3 besar di Jepang, Kuil Iyahiko yang mempunyai gerbang Torii besar, dan sumber air belerang Senami Onsen di pesisir pantai. Ada pula Burung Toki yang menjadi satwa alam yang dilindungi, serta pulau Sado yang dulunya dikenal sebagai Kinzan penghasil emas dan perak nomor 1 di Jepang, kini juga terkenal dengan keindahan alamnya dan kesenian lokalnya.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Tags: koshin-etsu

Top

<