Categories: Tentang Jepang

Kereta Peluru Shinkansen

Kereta Jepang berkecepatan tinggi Shinkansen (新幹線) memakai teknologi tinggi perkeretaan yang sangat dibanggakan di dunia, dalam segi kecepatan dan keamanannya. Kereta Shinkansen ini mulai beroperasi tahun 1964, yaitu jalur Tokaido Shinkansen yang menghubungkan stasiun Tokyo dengan stasiun Shin Osaka. Kini jarak tempuhnya sudah semakin meluas dengan adanya berbagai jalur shinkansen lainnya, seperti : Tohoku, Yamagata, Akita, Joetsu, Nagano, Sanyo, Kyushu Shinkansen.

Adanya penurunan tarif tiket pesawat yang banyak dilakukan oleh perusahaan penerbangan, membuat semakin banyak orang yang menggunakan pesawat terbang ketika menempuh jarak jauh di dalam negeri. Namun pada bulan Maret tahun ini, Tohoku Shinkansen mengoperasikan gerbong kereta baru Hayabusa (はやぶさ), lalu jalur Kyushu Shinkansen juga menambah daerah baru ke jalur tempuhnya, membuat orang-orang kembali berpaling kepada shinkansen.

Kereta Hayabusa dalam jalur Tohoku Shinkansen merupakan gerbong gaya baru dengan getaran dan kebisingan yang ditekan serendah mungkin meskipun kecepatannya mencapai 300 km, membuatnya terasa lebih nyaman untuk bepergian dengan kereta shinkansen. Tambahan lagi adanya tempat duduk kelas 1 yang mewah, yang merupakan pertama kali disediakan kereta shinkansen, membuatnya semakin popular, membuatnya seluruh 18 tempat duduk tersebut langsung laris terjual dalam waktu 10 detik.

Kyushu shinkansen yang selama ini jalurnya adalah dari stasiun Shin Yatsushiro (Pref. Kumamoto) – stasiun Kagoshima Chuo, kini telah membuka stasiun baru dalan jalur tempuhnya, menjadi stasiun Hakata – stasiun Shin Yatsushiro. Jarak tempuh dari Osaka sampai Kagoshima pun dapat ditempuh dalam waktu 3 jam 45 menit, membuat banyak orang merasa wisata ke Kyushu terasa semakin dekat. Tiket penumpang biasa di jalur ini juga segera terjual habis.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<