Categories: Bahasa Jepang

kata-kerja-doushi

Kata kerja (doushi) dalam bahasa Jepang digunakan sebagai predikat suatu kalimat, selalu diletakkan di akhir kalimat tersebut. Kemudian berdasarkan pada perubahannya kata kerja bentuk kamus (bentuk yang tercantum dalam kamus) dapat digolongkan ke dalam 3 kelompok, yaitu:

1. Kata kerja kelompok I, disebut dengan godan-doushi, yaitu kata kerja yang berakhiran suara/huruf: u (う), tsu (つ), ru (る), ku (く), gu (ぐ), mu (む), nu (ぬ), bu (ぶ), dan su (す), seperti beberapa contoh berikut:

ka-u               買う   membeli

ta-tsu            立つ   berdiri

u-ru               売る  menjual

ka-ku             書く   menulis

oyo-gu          泳ぐ   berenang

yo-mu           読む  membaca

shi-nu           死ぬ   mati/meninggal

aso-bu          遊ぶ   bermain

hana-su        話す   berbicara

2. Kata kerja kelompok II yang disebut ichidan-doushi yaitu kata kerja yang berakhiran suara e-Ru (e-る) atau i-Ru (i-る), antara lain sebagai berikut:

ne-ru             寝る      tidur

tabe-ru         食べる  makan

mi-ru             見る      melihat/menonton

oki-ru            起きる  bangun

3. Kata kerja kelompok III, yaitu kata kerja yang tidak beraturan (fukisoku-doushi) yang hanya ada dua kata kerja, yaitu KURU  (くる) yang artinya datang dan SURU (する) yang artinya melakukan.

Perlu diperhatikan bahwa setiap akhiran dari kata kerja di atas jika ditulis dengan huruf Jepang (huruf Hiragana) adalah satu huruf. Jadi, jangan sampai ada kekeliruan bahwa semua kata kerja tersebut berakhiran huruf ‘u’ saja, sebenarnya tidak demikian. Karena huruf ‘u’ dalam bahasa Jepang adalah う .

Di samping itu, ada juga beberapa kata kerja yang kalau dilihat dari ketiga ciri di atas seharusnya masuk ke dalam kelompok II karena berakhiran suara “e-RU” atau “i-RU”, tetapi sebenarnya digolongkan ke dalam kelompok I, kata kerja tersebut diantaranya:

shi-ru            知る  tahu/mengetahui

hashi-ru       走る  berlari

hai-ru            入る  masuk

ki-ru               切る  memotong

i-ru                 要る  perlu

kae-ru           帰る  pulang

kagi-ru          限る  membatasi

ke-ru             蹴る  menendang

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<