Categories: Tentang Jepang

HokurikuDaerah Hokuriku 

By Arief

Daerah yang berlokasi di tengah-tengah Pulau Honshu, yaitu kawasan Chubu yang menghadap ke Laut Jepang, disebut Daerah Hokuriku. Ini merupakan negeri salju yang mempunyai banyak lapangan bermain ski, juga terdapat banyak kuil dan wihara kuno yang bersejarah.

Prefektur Toyama

Prefektur Toyama terkenal dengan “Penjual obat dari Toyama”, sekarangpun terkenal sebagai prefektur yang memproduksi dan menjual produk-produk medis. Selain Wihara Zuiryu yang menjadi aset nasional, Patung Budha besar Takaoka, Gokayama (kampung yang membuat bangunan dengan atap seperti tangan sedang berdoa) yang menjadi aset internasional, juga terdapat pegunungan Tateyama yang megah dengan pemandangannya yang bisa terlihat bahkan dari kota Toyama dan terkenal dengan daerah wisata pegunungan Rute Alpen Tateyama Kurobe di mana kita bisa naik berbagai kendaraan seperti bus, kereta gantung ropeway, dan sebagainya. Kita juga bisa menikmati wilayah yang belum ter-eksplore dengan berjalan-jalan di hutan perawan pohon buna di sekitar dam Kurobe dan danau Kurobe, atau naik kereta Ngarai Kurobe (kereta Torokko) untuk menikmati pemandangan Ngarai Kurobe. Juga terdapat daerah yang pemandangan lautnya sangat indah yaitu pantai Amaharashi, pantai Miyazaki & Sakai tempat pertambangan bijih batu giok, dsb.

Prefektur Ishikawa

Prefektur Ishikawa terkenal dengan kerajinan tradisional, misalnya ; produk-produk lacquer yang divernis ala Wajima, produk keramik ala Kutani, pewarnaan kain ala Kagayuzen dsb, di samping juga terdapat taman yang terkenal sebagai salah satu dari 3 taman terindah di Jepang, yaitu taman Kenroku-en yang berlokasi di Kastil Kanazawa. Lalu yang juga terkenal adalah daerah pemandian air belerang Yamashiro Onsen, Wakura Onsen, dan daerah lainnya seperti pasar pagi Wajima, Higashi Chaya-gai yaitu daerah kedai teh yang bangunan-bangunan kayu tradisionalnya dikonservasi, serta pemandangan kota Kaga Hashidate (kota pemilik kapal-kapal dagang). Gunung Hakusan (yang merupakan sebagai salah satu dari 3 gunung terindah di Jepang selain gunung Fuji dan Tateyama, dikenal sebagai gunung sakral, untuk berdoa ke gunung Hakusan terdapat wihara Nata-dera yang mempunyai taman indah dan dikelilingi oleh berbagai bangunan wihara. Di Semenanjung Noto terdapat sawah bertingkat Shiroyone-senmaida dan pantai berpanorama indah Noto-Kongo yang merupakan laut dan gunung di Noto, ditetapkan sebagai Aset Pertanian Internasional pada tahun 2011.

Prefektur Fukui

Prefektur Fukui terkenal dengan kepiting Echizen dan kertas tradisional Jepang. Echizen ini mempunyai banyak panorama pantai yang indah, misalnya Sotomo, Tojinbo yang terkenal, dan yang spektakular adalah pantai Echizen yang penuh dengan bunga Suisen Echizen di musim dingin. Di Matsubara, Kehi dan Mikata-Goko yang merupakan tanah basah yang ditunjuk dalam Konvensi Ramsar mempunyai pemandangan alam yang indah. Kita bisa melihat peninggalan sejarah di sana seperti sisa peninggalan rumah samurai Ichijodani Asakura dan museum Kyoryu milik Prefektur Fukui. Taman Yokokan merupakan taman tersembunyi yang terpilih sebagai taman no 3 di majalah khusus taman Jepang di luar negeri. Banyak wihara seperti Myotsu-ji, Mantoku-ji dll, yang menjadi aset nasional, di antaranya bahkan ada kuil Eihei-ji yang terkenal sebagai tempat belajar hampir 200 orang para pendeta, yang belajar di sana.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<