Categories: Tentang Jepang

Golden WeekGolden Week Di Jepang

By: Arief

Di Jepang, setiap tahun, mulai akhir April hingga awal Mei, terdapat berbagai hari libur seperti hari besar, hari libur rakyat, hari Sabtu dan Minggu.

Semuanya saling bersambung dan disebut sebagai Golden Week kadang disingkat menjadi GW = pekan emas atau kadang disebut juga libur panjang.

Pada masa liburan ini banyak orang yang bepergian jauh sampai menginap, misalnya ; berwisata, pulang ke kampung halaman, bersenang- senang, dan sebagainya, bahkan ada juga orang-orang yang berwisata ke luar negeri.

Pada masa-masa ini, udaranya kebanyakan cerah, yang sering disebut sebagai Satsukibare = hari cerah di bulan Mei, angin selatan yang disebut Kunpu = angin semerbak musim semi bertiup melewati rerumputan dan daun-daun baru di padang rumput serta pegunungan, membuat kita merasa nyaman untuk berlibur bersenang-senang.

Istilah Satsukibare sudah dipakai sejak zaman Edo, yang dimaksud dengan bulan 5 adalah penanggalan kalender lunar (perhitungan berdasarkan perputaran bulan), sekarang dalam penanggalan kalender solar (perhitungan berdasarkan perputaran matahari), jatuhnya pada bulan Juni.

Pada awalnya diperkirakan istilah ini digunakan untuk hari-hari cerah di musim hujan, tetapi sekarang dipergunakan untuk hari-hari cerah di bulan Mei.

Bulan Mei ditulis juga sebagai Satsuki, berdasarkan legenda, konon merupakan kependekan dari Sanae Zuki yang berarti menanam semai padi, jadi secara umum artinya adalah bulan ketika pekerjaan menanam semai padi dimulai.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Tags: golden week

Top

<