Categories: Tentang Jepang

Hanabie – Udara Dingin Kembali Di Musim Bunga

By Arief

Jepang mempunyai 4 musim. Menurut pendapat umum dan ilmu meteorologi, musim semi adalah : Maret, April, Mei. Musim panas adalah : Juni, Juli, Agustus. Musim gugur : September, Oktober, November. Dan musim dingin : Desember, Januari, Februari.

Pada bulan Maret, rasa dingin di musim dingin mulai berlalu dan cuaca mulai menghangat sedikit demi sedikit, alam pun mulai menggeliat bangun di musim ini. Di Jepang bulan Maret adalah pergantian tahun anggaran, sehingga juga merupakan saat-saat dilakukannya upacara tamat sekolah, dan pada waktu April, upacara masuk sekolah, upacara dimulainya sekolah, upacara penerimaan karyawan baru, rotasi karyawan, dan sebagainya.

Bulan April, meskipun bunga sakura sedang mekar mencapai puncaknya, namun ada suatu saat yang disebut Hanabie (bunga dingin di mana udara menjadi dingin kembali di musim bunga ini). Dalam prakiraan cuaca, seringkali terdengar kalimat ” Ohana mi ni dekakeru toki wa, atsugi o shite odekake kudasai” (Pakailah pakaian yang hangat ketika bepergian untuk menikmati bunga sakura).

Ada lagi yang disebut Natanezuyu, yaitu tepat ketika Na no hana (bunga Na) sedang berkembang, turunlah hujan gerimis yang dingin, lalu ada pula perkataan lainnya Kisetsu hazure no yuki (salju yang keluar dari musimnya), atau kan no modori (kembalinya musim dingin, dan sebagainya).

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<