Categories: Tentang Jepang

Cherry Blossom FrontJalur Mekar Bunga Sakura

By Arief

Begitu memasuki bulan Maret, dalam prakiraan cuaca Jepang seringkali diungkapkan istilah sakura zensen. Yang dimaksud dengan sakura zensen ini adalah batas jalur perkiraan hari mekarnya bunga sakura berdasarkan lokasi daerah. Terutama mulai dari akhir Maret sampai bulan Mei, yang terus bergeser ke arah utara Jepang.

Orang Jepang suka sekali menikmati bunga sakura di bawah pohon yang bunganya sedang mekar semua, sehingga hatinya berbunga-bunga ketika mengetahui prakiraan cuaca bahwa jalur mekarnya bunga sakura sudah semakin mendekati.

Dulu perkiraan mekarnya bunga sakura yang diumumkan oleh Badan Meteorologi Jepang disebut sakura zensen ini, tetapi mulai tahun 2010 kemarin, perkiraan mekar ini hanya diumumkan oleh perusahaan meteorologi swasta.

Dibandingkan dengan perusahaan lain, perusahaan swasta lebih memfokuskan pada peningkatan sistem untuk memperkirakan hari mekarnya bunga sakura ini, misalnya dengan meminta orang-orang biasa yang tinggal di berbagai daerah Jepang untuk mengirimkan foto kondisi kuncup bunga sakura, dsb, yang merupakan cara baru untuk memperkirakan hari sakura mekar, berbeda dengan cara penghitungan selama ini.

Walaupun kadang ada juga prakiraan yang agak berbeda antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya, membuat kita menjadi bingung, namun rasanya hanya bangsa Jepanglah yang begitu bersemangat menantikan mekarnya bunga sakura ini.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Top

<