Categories: Tentang Jepang

About JapanSepintas Tentang Jepang

By Arief

Jepang terletak di lepas pantai timur benua Asia, kepulauan Jepang berbentuk lengkungan dari utara ke barat dengan panjang 3.800 km yang tersusun dari sekitar 4000 buah pulau besar dan kecil. Pulau utamanya yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu. Tokyo sebagai ibukota yang berada di pulau Honshu.

Karena Jepang terletak di zona sedang maka mengalami perubahan empat musim yaitu musim semi (Maret, April, Mei), musim panas (Juni, Juli, Agustus), musim gugur (September, Oktober, November) dan musim salju (Desember, Januari, Februari). Semakin ke utara musim salju akan terasa kian panjang dan sebaliknya. Kaya akan gunung berapi karenanya sering dilanda gempa, serta dikelilingi  laut yang dalam.

Sempitnya tanah yang bisa dimanfaatkan serta miskin sumber daya alam yang tidak memungkinkan Jepang untuk memilih sebagai negara pertanian. Pilihan menjadi negara industri merupakan suatu keharusan dan hal ini sudah direncanakan sebelumnya pada jaman Meiji (1868-1912). Kelangsungan hidup negara Jepang tergantung dari penciptaan teknologi tinggi serta kepiawaiannya dalam menjual barang ke seluruh pelosok dunia.

Pekerja-pekerja yang tahan banting telah mewujudkan mewujudkan impian bangsa ini menjadi negara industri yang sejajar dengan negara maju di dunia. Sifat homogenitas yang tinggi dari masyarakat ini pula menyumbang kepada penyatuan ide-ide dalam melaksanakan rencana besar yang sudah dirancang.

Jepang merupakan serpihan dari benua Asia yang memiliki sejarah yang panjang. Kebudayaan tradisional hidup dengan subur selama lebih dari 2000 tahun. Sekarang ini masih bisa dilihat peningggalan-peninggalan tua yang berumur ratusan tahun berupa biara, kuil, benteng. Penemuan ini menunjukkan bagaimana kehidupan masyarakatnya pada waktu 10.000 tahun yang lalu.

Kebanyakan masyarakat negara Jepang ini masih menganut animisme yang merupakan cerminan dari ajaran Shinto. Sementara itu ajaran Budha yang diperkenalkan secara resmi pada abad ke 6 telah memperkaya kepercayaan mereka.

Dalam menjalankan kehidupan beragama mereka lebih menekankan kondisi serta aspek praktisnya daripada inti religinya. Dengan kata lain banyak dari mereka mempunyai keyakinan lebih dari satu.

Kejahatan di Jepang relatif rendah dan sering disebut negara paling aman di dunia. Masyarakat modern dan tradisional ini sangat menghargai nilai-nilai hidup yang diwarisi dari nenek moyangnya. Orang Jepang selalu menempatkan harmoni dalam pergaulan, hal-hal yang dapat menimbulkan konfrontasi selalu dihindarkan.

Mereka sangat efisien dalam hal memanfaatkan waktu sehingga tidak ada waktu berleha-leha, janjipun selalu ditepati pada umumnya. Membungkuk merupakan suatu kebiasaan dalam masyarakat Jepang yang pada umumnya dilakukan ketika berjumpa, berpisah, dan lain sebagainya

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Tags: about japan

Top

<